Tugas softskill

Manajemen Pemasaran Global
Tugas Manajemen Pemasaran Global

1. Bagaimana pendapat saudara tentang suatu produk (barang & jasa) yang harganya murah, bisa dibeli dimana mana, dan produksinya banyak. Apakah semua orang menyukainya? Kaitkan jawaban saudara dengan segmentasi pasar dan bauran pemasaran.
Jawaban:
misalnya berdasarkan analisis dan perkiraan permintaan, perusahaan dapat mengetahui adanya pasar tertentu yang dianggap menarik, yang membuat perusahaan memperluas pangsa pasar. Perusahaan tersebut mensurvei sejumlah konsumen sebagai sampel dari keseluruhan. Dalam survey ini ditanyakan mengenai atribut produk yang ditawarkan, tentang kualitas, harga, kemasan, servis, dan sejenisnya. Dari adanya survei tersebut akan diperoleh informasi tentang pola segmentasi pasar berupa  preferensi atau tingkat kesukaan konsumen

2. Buatlah contoh produk produk masal dan produk spesial (baranag/jasa)
Jawaban:
a. Produk massal : produk yang di jual dengan bebas untuk masyarakat. Contohnya, mobil, motor, handphone,dll.
b. Produk spesial adalah produk konsumen dengan ciri unik atau identitas merek untuk mana selompok pembeli tertentu bersedia untuk melakukan upaya khusus,termasuk merek dan tipe mobil,alat foto yang mahal,dan pakaian pria buatan khusus. Contohnya, sebuah Rolls Royce yaitu suatu produk istimewa karena biasanya pembeli bersedia bepergian jauh untuk membelinya.

3. Jelaskan definisi / pengertian dari masing masing perusahaan bisnis. Contoh produk / merknya negara asal (produsen)
 Domestik
 Internasional
 Multinasional
 Global
Jawaban:
a. Perusahaan bisnis domestik adalah suatu unit bisnis yang tingkat operasional dan pangsa pasarnya berada dalam suatu wilayah saja tanpa melewati batas negara. Jenis perusahaan ini masih bersifat sederhana dan tidak kompleks karena hanya memperhitungkan berbagai variabel yang berlaku di sekitarnya saja mulai dari besar kecil kompensasi, budaya perusahaan, rekrutmen tenaga kerja, analisis pasar, dan lain sebagainya.
b. Perusahaan bisnis internasional adalah suatu unit bisnis yang sudah memperluas atau ekspansi produksi dan pemasaran produk baik barang maupun jasa ke luar negari dari negara asalnya. Hal ini terkadang harus dilakukan oleh suatu perusahaan bisnis di kala pasar yang ada di dalam negri sudah berada dalam tahap jenuh, sehingga sulit untuk dapat berkembang lebih besar lagi. Dengan memasuki pasar internasional perusahaan harus mampu beradaptasi di semua bidang dengan kultur budaya di negara setempat agar tidak menimbulkan permasalahan sosial.
c. Perusahaan bisnis multi nasional adalah perusahaan yang memiliki beberapa pabrik yang berdiri di negara yang berbeda-beda. Penyesuaian dengan budaya di tiap negara yang dimasuki adalah suatu keharusan untuk dapat bertahan dan sukses. Dengan mendirikan banyak unit produksi di negara lain diharapkan dapat menghemat biaya ongkos produksi dan distribusi produk hingga sampai ke tangan konsumen akhir.
d. Perusahaan global adalah unit bisnis yang memiliki kantor pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan desentralisasi. Sistem partisipasi bisnis global digunakan karena sudah semakin pudar dan hilangnya batasan-batasan pasar suatu negara dengan negara lainnya (globalisasi). Biasanya perusahaan global memiliki ciri distribusi sudah ekspor, memiliki unit produksi di luar negara asal dan melakukan aliansi dengan perusahaan asing.

4. Apa yang dimaksud dengan perusahaan / organisasi , berikan contoh organisasi / negara yang terkait
 Etnocentris
 Polisentris
 Regiosentris
 Geosentris
Jawaban:
a. Pandangan Etnosentris
 Kenyakinan parochial bahwa pendekatan dan praktik kerja terbaik adalah yang dimiliki oleh Negara asal /sendiri atau home country (Negara dimana kantor-kantor utama milik perusahaan berada) dan meyakini bahwa orang-orang di negara lain tidak memiliki kemampuan, keahlian, pengetahuan atau pengalaman yang dibutuhkan untuk membuat keputusan bisnis terbaik, seperti yang dimiliki orang-orang di Negara sendiri. Sebagai contohnya adalah kebiasaan memakai koteka bagi masyarakat papua pedalaman. Jika dipandang dari sudut masyarakat yang bukan warga papua pedalaman, memakai koteka dianggap sebuah kewajaran.
b. Pandangan Polisentris
Pandangan bahwa para manajer di Negara tuan rumah (host country) mengetahui pendekatan dan praktik kerja terbaik untuk menjalankan bisnis di Negara tersebut. Beranggapan bahwa semua operasi luar negeri bersifat berbeda dan sulit dipahami.
c.
d. Pandangan Geosentris
Sebuah pandangan berorientasi dunia yang berfokus untuk menggunakan pendekatan dan orang terbaik dari seantero dunia. Berpandangan bahwa goesentris memiliki wawasan global dan mencari pendekatan dan orang terbaik, tanpa memandangasal negaranya.

5. Hal apa saja yang menjadi pertimbangan perusahaan melakukan bisnis global?
Jawaban:
      Sebelum perusahaan memutuskan untuk memasuki pasar global, perusahaan menurut Pearce dan Robinson (1997:151) mengambil empat langkah berikut:
  Mengamati situasi global, pengamatan meliputi membaca jurnal dan laporan-laporan paten serta sumber-sumber bacaan lain.
 Membina hubungan dengan perguruan tinggi dan organisasi riset, perusahaan yang aktif dalam litbang mancanegara seringkali mempunyai proyek-proyek kerja bersama akademi-akademi asing dan adakalanya mengikat kesepakatan konsultasi dengan mereka
 Meningkatkan ketampakan global perusahaan, cara yang lazim adalah berperan serta dalam pameran-pameran dagang, mengedarkan brosur, dan sebagainya.
 Menyelenggarakan proyek riset kerjasama. Beberapa perusahaan melibatkan diri dalam proyek riset bersama dengan perusahaan asing untuk memperluas konteksmereka, mengurangi pengeluaran, mengurangi resiko di pihak masing-masing, atau mencegah pesaing ke pasar mereka.
Perusahaan Bisnis
Produk
Merk
Negara
Domestik
Jasa Penerbangan
PT. Garuda Indonesia
Indonesia
Internasional
Makanan
PT. Indofood
Indonesia
Multinasional
Makanan Ringan
Dunkin Donuts
Amerika Serikat
Global
Produk Home and Personal Care, Food & Ice Cream
Pepsoden, Lux, Dove,dll
Inggris
Eter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMASALAHAN KOPERASI DAN SOLUSINYA